Kenali 10 Bentuk Dan Model Mimis Kaliber 4.5 Yang Ada di Pasaran

Secanggih dan semahal apapun sebuah senapan angin, tak akan ada gunanya tanpa peluru yang mengisinya. Peluru, atau yang biasa disebut sebagai mimis senapan angin bisa ditembakkan melalui laras senapan angin dengan memanfaatkan tekanan angin. Benda kecil namun mematikan ini biasanya terbuat dari timah, dan terdiri dari tiga bagian yaitu, kepala mimis, pinggang, dan rok. Kepalanya sendiri merupakan bagian yang sangat penting untuk menembus sasaran tembaknya, sehingga bagian ini harus yang paling berat dan kuat.

Bagian rok yang mempunyai lubang ini memiliki fungsi sebagai penahan angin yang ditembakkan. Proyektil ini telah didesain mampu menyamai kecepatan suara, namun sayangnya kecepatan yang begitu tinggi ini bisa menyebabkan perubahan bentuk di udara dikarenakan berat proyektil yang ringan. Selain itu, semakin cepat, maka lajunya pun menjadi tidak stabil.

Jenis-Jenis Mimis Senapan Angin

Rata-rata jenis mimis senapan angin dibedakan dari bentuk bagian kepalanya. Ada berbagai variasi bentuk mimis, namun bila kita menyederhanakannya maka sebenarnya hanya akan ada lima bentuk saja. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Kepala Lancip (Pointed)

Mimis jenis ini mampu menembus target sasarannya secara maksimal, bahkan melubanginya dikarenakan bentuknya yang lancip sehingga bisa terfokus pada satu titik. Peluru ini sangat cocok digunakan untuk berburu.

  1. Kepala Bulat (Round Nose)

Seperti namanya, bagian kepala ini nampak seperti setengah lingkaran. Bentuk kepala bulatnya ini mampu menambah bobot sehingga akan menghasilkan kekuatan penumbuk yang besar. Peluru jenis ini mampu menahan angin sehingga membuat akurasi menembaknya menjadi lebih baik walaupun jarak tempuhnya jauh dan akurasi penembakannya pun tepat.

  1. Kepala Rata (Wadcutter)

Mimis kepala rata adalah jenis dengan tingkat akurasi paling tinggi di pasaran saat ini. Peluru ini mampu menahan angin yang lebih baik dari kepala bulat karena bentuknya yang mendatar. Bobotnya ringan dengan kecepatan yang tinggi, namun tidak mampu mempertahankan kestabilan dan akurasi pada jarak yang jauh.

Jenis ini biasanya digunakan untuk perlombaan menembak, karena mampu membuat bekas tembakan yang besar pada kertas sasaran tembak.

  1. Kepala Berlubang (Hollow Point)

Jenis ini merupakan kombinasi antara mimis kepala bulat dengan mimis kepala rata, dan dengan tambahan untuk penyempurnaan.

Mimis kepala berlubang mengadaptasi akurasi yang tinggi pada jarak dekat dari mimis kepala rata, dan kekuatan tumbukan yang besar dari mimis kepala bulat. Lalu dengan penambahan lubang di tengahnya, mampu menahan angin sehingga walau jarak tempuhnya pendek namun mambu membuat efek luka bukaan yang lebih besar.

  1. Paser Ikan

Peluru jenis ini hanya ada di Indonesia, dan biasanya dipakai oleh para nelayan untuk memburu hewan-hewan air, seperti ikan, belut, dan lain-lain. Bentuknya sendiri hampir menyerupai anak panah dengan bagian roknya yang tersambung pada tali senar. Fungsi dari tali senar adalah untuk menarik kembali hasil buruan yang telah tertembak.

Model Mimis Senapan Angin Caliber 4,5 mm

Sekarang ini banyak model peluru yang beredar di pasaran. Ada yang mahal dan ada juga yang murah dengan sistem kiloan. Bagaimana kita memilihnya tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan dana kita. Beberapa model peluru dengan kaliber 4.5 mm yang beredar di pasaran Indonesia dengan sistem kiloan adalah :

  1. Model KP-01

Mimis ini adalah jenis Dome Extra Heavy dengan kaliber 4,5 mm. Mimis ini berjenis kepala berlubang karena terdapat lubang kecil di atas kepala pelurunya. Dalam satu kilo berisi sekitar 800 butir peluru dengan berat per butirnya 19 grain. Harganya sendiri dibanderol Rp 52.000.

  1. Model KP-02

Merk dari mimis model KP-02 adalah Sharp Point 3 Cincin dengan kaliber 4,5 mm, sama seperti model sebelumnya. Mimis ini berjenis kepala lancip dengan 3 cincin polos. Satu kilonya berisi sekitar 1.500 butir peluru dengan berat per butirnya 9 grain saja. Satu kilo peluru ini dibanderol dengan harga Rp 49.000.

  1. Model KP-03

Sama seperti mimis pertama, model mimis ini adalah jenis Dome dengan kaliber 4,5 mm. Peluru ini adalah jenis kombinasi kepala bulat dan kepala berlubang. Satu kilo peluru berisi sekitar 1.200an butir peluru dengan berat 12 grain. Satu kilo peluru model KP-03 dijual dengan harga Rp 52.000.

  1. Model KP-04

Mimis model ini adalah jenis kepala rata dengan bobot yang sangat ringan, yakni hanya 8 grain saja. Kaliber yang ditawarkan adalah ukuran standar yang dijual bebas yakni 4,5 mm. Dengan harga Rp 49.000 per kilo, kita bisa mendapatkan sekitar 1.500 butir peluru.

  1. Model KP-05

Ini adalah jenis kepala rata garis dengan kaliber ukuran 4,5 mm. Berat per butirnya adalah 8 grain. Isi peluru dalam satu kilonya adalah sekitar 1.500 butir, dengan harga Rp 49.000 per kilonya.

  1. Model KP-06

Mimis jenis ini adalah Dome pendek bergaris dengan proses cor. Mimis berkaliber 4,5 mm ini berbentuk kepala bulat. Dengan berat per butirnya adalah 9 grain, dalam satu kilonya dijual seharga 49.000 per kilonya dan kita bisa mendapatkan sebanyak 1.200an butir peluru.

  1. Model KP-07

Ini adalah jenis Dome Medium garis dengan proses cor. Sama seperti model sebelumnya, mimis ini berbentuk kepala bulat dengan kaliber 4,5 mm. Isi peluru dalam satu kilo adalah sebanyak 1.200an butir. Dan untuk harga satu kilonya adalah Rp 49.000.

  1. Model KP-08

Berbeda dengan peluru model KP-02 yang memiliki tiga cincin, model ini hanya memiliki satu cincin. Peluru dengan proses cor ini memiliki kaliber 4,5 mm. Untuk satu kilonya sendiri berisi sekitar 1.500 butir peluru. Sedangkan harga satu kilonya adalah sebesar Rp 49.000.

  1. Model KP-09

Ini adalah jenis Dome cincin roll dengan kaliber 4,5 mm. Bentuk mimisnya sendiri adalah kombinasi kepala bulat dan kepala berlubang. Peluru ini diproses roll garis dengan dua kali proses. Isi peluru dalam satu kilonya adalah sekitar 1.200 butir dan harga per kilonya adalah Rp 52.000.

  1. Model KP-10

Dan yang terakhir merupakan jenis Dome cincin roll dengan kaliber 4,5 mm. Bentuk mimisnya sendiri adalah kepala bulat. Dengan harga Rp 52.000 per kilo, kita bisa mendapatkan sekitar 1.300 butir peluru.

Setelah kita mengetahui beberapa jenis mimis yang beredar di pasaran, alangkah baiknya bila kita juga mengetahui tentang tips membeli mimis yang berkualitas baik dan cocok untuk senapan angin kita. Beberapa tipsnya adalah :

  • Tentukan tujuan kita sebelum membeli mimis, apakah untuk berburu, perlombaan, atau latihan saja. Penentuan tujuan ini membuat kita memiliki gambaran jenis peluru apa yang akan kita beli nantinya.
  • Cari peluru yang dalam satu set memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Bila bentuknya tidak seragam, maka kita bisa mengetahui bahwa dalam pembuatannya terkesan asal-asalan.
  • Lihat satu per satu dari set mimis yang akan kita beli dengan teliti, pastikan tidak ada karatan atau jamur dan bentuk yang tidak konsisten.
  • Kita bisa menggunakan Pell-Size untuk menyamakan bentuk mimis. Alat ini mampu memotong bagian lebih timah pada mimis dan juga membentuknya dengan halus dan sempurna.
  • Hindari jenis mimis dengan bagian rok yang lebar bila senapan kita bukan jenis senapan bertenaga besar, seperti senapan angin PCP dan senapan angin gejluk. Hal ini dikarenakan bagian rok yang lebar tentu akan membutuhkan tekanan udara yang lebih besar pula untuk mendorongnya.

Semoga artikel ini bisa memberi gambaran untuk menentukan jenis mimis yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan senjata angin yang telah dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *