Share this post

Cara Membersihkan Teleskop Yang Buram Atau Berjamur

membersihkan-teleskop-yang-buram

Zaman sealu menawarkan berbagai perubahan setiap saat. Sebagai manusia yang menjadi bagian dari berbagai perubahan di zaman modern ini sudah pasti kita diminta untuk selalu terbuka menerima berbagai perubahan yang ada. Sikap penerimaan tersebut diperlihatkan dengan cara menerima berbagai perubahan namun tetap harus selektif dalam memilih perubahan yang ada tersebut. Salah alat hasil karya manusia yang memiliki fungsi banyak bagi kehidupan adalah teleskop. Dalam dunia sains, kehadiran dari teleskop ini sangat membantu untuk mengetahui segala aktivitas dari benda-benda yang ada di langit. Oleh karena itu, tak heran jika kini siswa sekolah sudah diperkenalkan dengan alat yang satu ini supaya pengetahuan mereka tentang dunia astronomi bisa dibilang mumpuni.

 

Teleskop atau orang biasa menyebutnya dengan teropong memiliki kontribusi yang besar bagi kehidupan manusia. Alat ini bisa membantu manusia untuk melihat benda-benda yang jauh letaknya, misalnya di angkasa. Dengan bantuan alat ini, benda yang letaknya jauh tersebut akan serasa lebih dekat. Harga yang ditawarkan untuk alat yang satu ini juga bervariasi bergantung dengan kualitas yang diusungnya. Sejak dulu, fasilitas memang ditentukan dengan harga yang ditawarkan. Akan tetapi tidak semua barang dengan harga yang tinggi bisa memenuhi selera serta kebutuhan kita masing-masing. Namun, ketika akan membeli teleskop pastikan juga untuk memilih produk yang berkualitas. Perbanyak informasi terlebih dahulu terkait dengan berbagai macam jenis teleskop supaya kita memiliki referensi yang cukup banyak.

 

Bagi Anda yang memiliki teleskop, penting rasanya untuk memperhatikan cara perawatan yang dilakukan untuk merawat alat yang satu ini. barang atau alat yang kita beli dengan harga yang terbilang tidak murah ini rasanya sangat sayang jika kita tidak memperhatikan dan memberikan perlindungan terhadap alat tersebut. Apalagi pada salah satu bagian terpenting  teleskop yaitu lensa memiliki kecenderungan yang besar dan sangat rentan dengan  berbagai macam debu yang bisa mengurangi ketajaman lensa dalam menangkap gambar. Tidak hanya debu saja, lensa dari teleskop bisa mengalami gangguan karena embun. Biasanya, teleskop bisa mengembun dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain bisa karena faktor usia dari alat itu sendiri atau dari bagian seal atau karet teleskop yang memang sudah uzur sehingga kerapatannya sedikit terganggu. Ketika teleskop kerapatannya terganggu otomatis muncul celah udara yang mengakibatkan teleskop menjadi sangat mudah dimasuki udara. Padahal, fungsi utama dari seal karet tersebut adalah menahan udara supaya tidak masuk ke dalam.

 

Memiliki teleskop memang harus tahu akan tanggung jawab yang harus dipikulnya. Teleskop membutuhkan perawatan ekstra dari si pemiliknya. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki teleskop sebaiknya tahu bentuk perlakuan yang mesti diberikan untuk merawat teleskop. Teleskop yang pernah dibongkar atau dibuka, secara otomatis udara bisa masuk ke teleskop tersebut sehingga udara masuk dan teleskop menjadi berembun. Dengan demikian, teleskop ketika digunakan akan menjadi buram. Di samping itu, banyaknya debu di sekitar kita juga memiliki potensi yang tinggi untuk menempel pada teleskop yang Anda miliki. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu rajin membersihkan teleskop supaya lensa jauh dari jamur atau buram supaya tetap cerah ketika digunakan.

 

Lensa teleskop yang berjamur, mengembun, buram, berdebu dan terkena berbagai permasalahan lainnya perlu dilakukan tindakan cepat supaya teleskop tersebut normal dan bisa digunakan kembali dengan baik. Berikut kami akan memaparkan cara sederhana yang bisa ditiru untuk membersihkan kembali lensa teleskop yang buram.

Alat dan bahan-bahan yang diperlukan

  • Lap kain yang bersih serta memiliki tekstur yang lembut. Untuk pemilihan lap, disarankan benar-benar memilih lap yang teksturnya halus supaya tidak merusak lensa.

  • Kanebo yang nantinya digunakan untuk mengelap lensa supaya tidak tergores.

  • Cairan pembersih. Cairan pembersih yang dimaksud ini adalah cairan pembersih apapun yang penting bisa digunakan untuk membersihkan lensa.

  • Air bersih dalam jumlah yang cukup.

  • Hair dryer atau pengering.

Langkah-langkah dalam pembersihan

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan membersihkan lensa teleskop yang sedang mengalami gangguan adalah dengan membuka lensa teleskop tersebut. kemudian, batang teleskop diamankan dulu pada tempat yang benar-benar kering serta jauh dari debu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari debu yang masuk pada alat tersebut selama kita melakukan pembersihan pada bagian lensanya.
  2. Kanebo yang sudah dipersiapkan tadi dibasahi dengan menggunakan air bersih kemudian diperas hingga airnya benar-benar hilang.
  3. Lensa teleskop dicuci dulu dengan menggunakan air bersih. Usahakan air yang digunakan secukupnya saja dan selalu hati-hati ketika membersihkannya. Usahakan air yang ada pada lensa tersebut tidak masuk pada sela-sela lensa.
  4. Setelah lensa benar-benar bersih dari debu dan kotoran lainnya, basuhlah permukaan lensa dengan menggunakan kanebo yang sudah dibasahi tadi dengan ditambah sedikit cairan pembersih. Pada saat proses pengelapan dengan menggunakan kanebo ini hal yang harus diperhatikan adalah pada saat pembasuhan usahakan untuk mengelap lensa dengan kanebo usahakan dengan usapan satu arah secara terus menerus. Jangan sampai mengelap dengan perlakuan acak atau arah yang bolak-balik. Perhatikan betul langkah ke empat ini jangan sampai Anda memberikan perlakuan yang kasar untuk menghindari adanya goresan pada lensa.
  5. Penggunaan cairan pembersih yang bisa berupa sampo atau cairan pembersih lain bisa berfungsi untuk menghilangkan debu serta menghilangkan minyak yang menempel pada lensa yang secara tidak sengaja menempel pada teleskop ketika kita membongkar alat tersebut.
  6. Ketika lensa benar-benar bersih, proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengeringan. Pada saat pengeringan ini lensa dibersihkan dengan menggunakan lap yang memiliki tekstur yang lembut dan halus. Pembersihan yang dilakukan pada tahap ini hanya berfungsi untuk mengurangi kadar air yang menempel sehingga bukan untuk mengeringkan lensa. Perlu diperhatikan juga, pengeringan pada tahap ini diupayakan tetap menggunakan langkah nomer 4 yaitu membersihkannya dengan searah. Selanjutnya, tahap untuk pengeringan yang kedua dengan menggunakan hair dryer bisa dilakukan dengan hati-hati guna mengangkat air yang ada di sela-sela lensa. Pastikan dulu lensa benar-benar bersih ketika kita akan memasangkannya pada teleskop kembali.
  7. Alternatif lain pada tahap pengeringan jika tidak memiliki hair dryer adalah dengan menggunakan kipas angina tau dijemur langsung pada sinar matahari. Akan tetapi, hasilnya masih kurang maksimal karena ditakutkan masih ada debu lagi yang menempel pada sela-sela lingkaran lensa. Di samping itu, proses pengeringannya juga bisa memakan waktu yang lama dibandingkan dengan menggunakan hair dryer.
  8. Terakhir, pasang kembali teleskop atau rakit sesuai dengan bentuknya. Kencangkan teleskop secara perlahan dan usahakan ketika merakit, tangan kita dalam keadaan bersih bebas dari debu, minyak, dan berbagai kotoran lain yang mengganggu.

 

Demikianlah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan lensa yang buram atau berjamur. Dengan melakukan cara di atas, dijamin lensa akan kembali terang.

Comment (1)

  • welly Reply

    Mas lensa tele saya itu kya ad minyak nya , pas saya bersihkn malah buram ,kira2 bisa ga d brnerin
    Trus apa nama miyaknya
    Tele merek busnell

    01/08/2018 at 21:50

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


PROMO SPESIAL UNTUK BEDILER – KODE KUPON “AKSIJANTAN”