Jenis, Harga dan Cara Membuat Peredam Senapan Angin

Senapan Angin maupun Senjata Api pasti identik dengan suara yang berisik ketika tembakan dilepaskan pada target. Bagi seorang pemburu binatang di hutan, tentu suara tembakan yang keras ini akan membuat hewan-hewan lain terkejut dan melarikan diri. Di sinilah salah satu manfaat dari peredam senapan angin sangat dibutuhkan. Peredam senapan angin memiliki komponen yang mampu meminimalisir suara ledakan, seperti gabus atau semacamnya, dan terdiri dari beberapa rongga untuk memecah suara keras yang dihasilkan oleh senapan angin. Peredam yang mampu meredam ledakan dengan maksimal biasanya memiliki lebih dari dua rongga, dan di dalamnya terpasang sekat-sekat pemecah suara.

Mekanisme Kerja Peredam Angin

 

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa ada alat yang mampu meredam suara ledakan yang begitu keras. Hal ini tentu bisa terjadi bila kita menerapkan ilmu sains untuk diterapkan sebagai penemuan baru. Mekanisme dari peredam senapan angin akan dijelaskan sebagai berikut :

  • Perlu diketahui bahwa silencer memanfaatkan tekanan udara yang keluar dari laras senapan. Tekanan udara tersebut keluar dan melintasi 3 ruang kecil di dalam peredam, sehingga suaranya pun akan teredam karena pecah ke dalam ruang pertama.
  • Selanjutnya, gema atau pantulan suara yang dihasilkan dari ruang pertama akan masuk ke dalam kolom kedua dan kembali teredam.
  • Dan setelahnya, pantulan suara terakhir yang memasuki ruang ketiga akan menghilang dan menyisakan suara yang akan keluar dari ujung peredam angin.
  • Semakin lebar diameter peredam angin, maka semakin senyap suara tembakan yang dihasilkan. Dan semakin panjang ukuran peredam angin, suara yang dihasilkan juga semakin sunyi.

Pada dasarnya seperti itulah peredam senapan angin bekerja. Merek atau jenis apapun bekerja dengan cara yang sama. Walau tentu, setiap jenis peredam memiliki kualitas yang berbeda-beda.

Jenis Peredam Angin di Pasaran

Peredam angin adalah salah satu aksesoris yang paling dicari-cari oleh seorang pemburu, maka tak heran muncul beberapa merek senapan angin di pasaran dengan berbagai keunggulan dan harga yang ditawarkan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Peredam BSA OD30

Silencer jenis ini memiliki panjang 20 cm dengan OD sebesar 30 mm. Bagian dalam dari peredam ini memakai corong teflon dan disertai satu skat. Peredam ini cocok digunakan untuk senapan jenis uklik dan PCP. Harga yang ditawarkan pun terjangkau, yakni Rp 95.000.

  1. Peredam Sharp Tiger

Bila kebanyakan peredam memiliki kelemahan mengurangi akurasi tembak, Peredam Sharp Tiger ini menjamin bahwa alatnya tidak akan mempengaruhi akurasi tembakan kita. Sharp jenis ini juga mampu meredam suara ledakan hingga 75%. Silencer dengan panjang 14 cm ini dibanderol dengan harga Rp 150.000.

  1. Peredam Machwell MW S100

Peredam yang khusus didesain untuk para sniper penggemar olah raga menembak atau berburu ini memiliki panjang 20 cm dengan tabung OD 3 cm. Bahan tabung berasal dari alumunium serta tutup tabungnya berbahan dari cor logam alumunium. Daya hisap suara ledakannya sampai dengan 75%. Peredam jenis ini dibanderol dengan harga Rp 155.000.

  1. Peredam Elephant

Silencer jenis ini berasal dari bahan pipa pada bagian luarnya dan bagian dalamnya sendiri berasal dari glaswool yang terbagi menjadi 2 skat. Peredam dengan panjang 16 cm ini ditawarkan dengan harga yang cukup murah yaitu sebesar Rp 82.000 saja.

  1. Peredam Marcool HW 100

Peredam jenis ini cocok untuk segala jenis senapan angin. Beratnya hanya sebesar 150 gram, sehingga tidak menambah beban ketika dipasangkan pada senapan. Memiliki sekat tiga tingkat yang terbuat dari bahan alumunium, serta dinding peredam yang berasal dari plastik PVC berongga, yang menjadikannya tahan dengan mimis berkecepatan tinggi. Peredam dengan panjang 19,5 cm dan OD 3 cm ini dibanderol dengan harga Rp 190.000.

Terkadang Peredam yang beredar di pasaran pun tak selalu memenuhi harapan kita. Seperti suara ledakan tembakan yang masih belum bisa senyap sempurna, ataupun jarak tembakan yang menjadi berkurang.

Cara Membuat Peredam Angin Sendiri

Bila kita membuatnya sendiri, tentu kita bisa menambahkan material-material tertentu yang mampu memaksimalkan kinerja peredam buatan milik kita. Keuntungan lainnya adalah kita mampu berinovasi untuk membuat peredam kita memiliki keunggulan serta keunikan tersendiri. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Persiapkan paralon yang terbuat dari bahan alumunium ataupun besi. Tingkat kesenyapan akan lebih tinggi bila menggunakan besi, karena semakin tebal media maka akan semakin baik hasilnya. Bila tak menemukan ukuran yang pas, kita bisa membeli peredam murahan dengan harga sekitar 20ribuan. Usahakan untuk memilih ukuran yang panjang, berkisar 20 cm atau lebih agar hasilnya lebih baik.
  2. Bila memilih untuk membeli peredam murah, kita harus membongkarnya terlebih dahulu. Untuk peredam tipe baut, kita tinggal memutarnya saja untuk membukanya. Sedangkan untuk tipe sock, kita harus memanaskannya pada api dan kemudian tusukkan besi ke salah satu sisinya sembari diketuk dengan palu untuk membuka tutup di sisi lainnya.
  3. Buang semua sekat bawaannya, dan kita ganti dengan sekat yang terbuat dari tutup botol mineral yang dilubangi di bagian tengahnya. Buat lubang di tengah dengan ukuran sedang. Kita cukup membuat dua sekat saja, sehingga menghasilkan tiga ruang di peredam buatan kita.
  4. Tempelkan karpet dengan super glue ke sekat-sekat tersebut.
  5. Masukkan sekat-sekat yang telah kita buat ke dalam peredam dan atur dengan jarak yang sama antara satu sama lain.
  6. Sekarang kita bisa mencoba untuk mengetes peredam yang telah dibuat sendiri.

 

Setelah mengetahui mekanisme kerja serta jenis-jenis peredam, tentu selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara pemasangan peredam ke moncong senapan angin.

Cara Memasang Peredam Angin pada Senapan

Cara pemasangannya sendiri harus menempel kuat pada laras senapan serta posisinya harus benar-benar lurus. Karena bila pemasangan salah, hal ini bisa mempengaruhi akurasi senapan angin dikarenakan adanya peluru yang mengenai peredam sehingga membelokkan laju peluru yang ditembakkan.

  • Sebelum memasang peredam, lepaskan terlebih dahulu grendel pendorong peluru yang terdapat pada chamber senapan.
  • Lalu, pasang peredam angin ada drat yang ada di laras senapan kita.
  • Lihat dengan seksama dari lubang pangkal senapan, apakah peredam yang telah kita pasang sudah lurus dengan lubang laras atau belum.
  • Setelah yakin bahwa sudah lurus, pasang kembali grendel senapan kita.
  • Lakukan uji tembakan beberapa kali ke arah sasaran yang telah kita tuju. Apabila akurasi tembakan kita tidak kacau maka peredam yang telah dipasang sudah sesuai posisi laras senapan.
  • Bila akurasi tembakan menjadi acak setelah dipasangi peredam, maka kita perlu mengulangi kembali langkah dari awal.

Memilih Peredam Angin Berkualitas Baik

Begitu banyak jenis peredam angin yang beredar di pasaran tentu membuat kita bingung. Harga yang mahal tak menjamin peredam tersebut sesuai dengan senapan yang kita miliki. Oleh karena itu, daripada membandingkan dari segi harga, alangkah baiknya kita menilai dari segi material-material peredam angin tersebut.

  1. Peredam angin yang berkualitas baik terbuat dari bahan besi yang kuat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semakin berat bahan peredam, maka kualitas kesenyapan suara yang dihasilkan akan semakin tinggi.
  2. Terdapat bermacam-macam isian dari peredam, seperti Glaswool, kapas khusus, dan plastik corong. Dari ketiga isian tersebut, pilihlah Glaswool, karena mampu menghasilkan tingkat kesenyapan lebih tinggi dibanding kedua bahan lainnya.
  3. Jangan memilih peredam dengan harga yang terlalu murah, karena pengerjaannya kebanyakan lebih mementingkan kuantitas, sehingga kualitas yang dihasilkan pun akan berada di bawah standar.

Semoga artikel ini dapat menjadi sebuah referensi dan rekomendasi untuk anda dalam mempertimbangkan peredam senapan angin yang anda pilih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


PROMO SPESIAL UNTUK BEDILER – KODE KUPON “AKSIJANTAN”