Senapan Angin PCP

Senapan angin pcp merupakan kepanjangan dari Pre Charged Pneumatic. Senjata angin ini menggunakan dari udara atau gas yang setiap hari kita hirup dan campuran dari beberapa gas lain, tidak hanya O2 murni. Cara penggunaannya yaitu, udara tersebut terlebih dulu dimampatkan masuk ke dalam sebuah tabung yang sudah terhubung dengan senjata. Dalam sekali pengisian gas, senapan ini bisa digunakan beberapa kali menembak. Tidak sama dengan sistem pompa yang harus memompa setiap akan menembak. Karena bertujuan untuk penembakan banyak maka udara dikompresi pada tekanan yang sangat tinggi antara 1000 hingga 3000 psi.

senapan angin pcp

Senapan angin pcp

merupakan senapan angin yang populer dikalangan pecinta senapan di Indonesia. Senapan jenis ini mempunyai kemampuan yang berasal dari gas yang seperti biasa kita gunakan untuk bernafas namun bukan Oksigen atau O2 murni. Dengan gas tersebut yang sudah dimampatkan sebelumnya di dalam tabung dan telah di setting sehingga dapat dimanfaatkan untuk menembak beberapa kali. Udara yang telah dikompresi pada tekanan yang cukup tinggi, pada kisaran 2000 psi – 2500psi.

dengan mengunakan prinsip pemampatan udara atau udara tekan, sesuai dengan namanya Pre Charge Peneumatic (PCP). Jenis senapan angin PCP ini memiliki tekanan yang besar antara 2.000 – 3.500 psi, dan dapat melontarkan proyektil atau pellet hingga kecepatan > 1.000 fps atau lebih, yang  biasa digunakan pada small atau medium hunting. Senapan angin pcp bisa menggunakan tipe pellets semua jenis termasuk tipe pile driver yang membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1500psi untuk menghasilkan daya lontar peluru maksimal.

Ada banyak merek senapan angin PCP yang beredar di pasar Indonesia. Masing-masing merek mempunyai keistimewaannya masing-masing. Termasuk juga dalam hal harga. Untuk urusan harga, ada senapan angin pcp yang dibanderol relatif murah, sekitar Rp. 2 jutaan, namun ada juga yang dibanderol hingga puluhan juta rupiah.