15 Model, Bahan dan Cara Merawat Popor Senapan Angin

popor senapan angin

15 Model, Bahan dan Cara Merawat Popor Senapan Angin

Popor Senapan Angin : Berikut adalah 15 Model, Bahan dan Ulasan Cara Merawat nya

Istilah barang yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga para anggota keamanan negara ini atau mereka yang hobi berburu dan sekadar mengoleksi senjata api. Istilah popor atau yang di Indonesia dikenal dengan ‘tangkai bedil’ atau ‘gagang senapan’ ini merupakan bagian dari sebuah senapan atau senjata api lainnya yang berfungsi untuk menyesuaikan kerja dan mekanisme senjata tersebut.

 

Tempat popor berada pada bahu dari penembak pada saat senjata api digunakan. Popor juga dapat ditemukan pada busur silang (crossbow) meskipun lebih mirip menjadi tungkai dari busur silang itu sendiri. Sebuah popor senapan angin berfungsi untuk penembak agar dapat memegang dan membidik sasaran dengan lebih baik, lebih tepat sasaran, dan agar lebih menarik saat penembakan berlangsung. Bahkan popor senapan angin selanjutnya digunakan juga untuk menunjang rasa percaya diri seseorang saat berburu atau saat berlatih menembak.

 

Model-model Popor Senapan Angin

Model popor senapan angin dari zaman ke zaman selalu mengalami modifikasi-modifikasi terbaru. Banyak model popor senapan angin yang dibuat dengan bermacam gaya dan bahan. Berikut bebeapa contoh model popor senapan angin yang terbaru.

  1. Popor Senapan Angin Model Klasik

Popor model ini cocok digunakan untuk semua jenis senapan angin , baik itu sharp gejluk, atau PCP. Model popor jenis ini tidak memiliki gaya yang rumit, modelnya dari dulu sampai sekarang tidak ada perubahan sama sekali. Biasanya hanya modifikasi pada warna catnya saja.

  1. Popor Senapan Angin Model Custom

Popor model ini memiliki tampilan yang lebih elegan daripada popor model klasik. Popor model ini sangat cocok dipasangkan dengan senapan angin model gejluk dual power PCP dan senapan angin full PCP. Model popor bisa menjadikan senapan angin semakin tampak mewah.

  1. Popor Senapan Angin Model Gammo

Model popor yang satu ini memiliki lubang di bagian belakangnya dan di bagian tengahnya terdapat variasi kayu miring. Popor senapan angin model Gammo ini banyak disukai oleh para sniper Indonesia.

  1. Popor Senapan Angin Model Dragunov

popor senapan angin

Model Dragunov pada popor senapan angin ini memiliki ciri terdapat lobang kotak yang berada di bagian belakang popor. Model jenis ini biasa digunakan pada senapan gejluk shooter laras baja.

  1. Popor Senapan Angin Model AK M16 dan M47

Duplikasi dua model dari senjata api laras panjang milik TNI ini cocok untuk segala jenis senapan angin.

  1. Popor Senapan Angin Model Match

Model popor ini hampir mirip dengan bagian belakang model custom, yang membedakan adalah pada variasi lubang tempat memegang senapan angin yang berada di belakang pelatuk.

  1. Popor Senapan Angin Model Bullpup

Popor ini diduplikasi dari model senapan angin import. Cocok sekali digunakan untuk jenis senapan  gejluk dan PCP.

  1. Popor Senapan Angin Model Extrime

Model popor jenis ini merupakan modifikasi dari pengrajin popor yang berkreasi dengan menambahkan variasi model ukir-ukiran. Ukiran tersebut dapat bermacam-macam, seperti gambar tengkorak, naga, dan sebagainya.

Bahan Popor Senapan Angin

Seperti penjelasan sebelumnya, popor memiliki beberapa model yang berbeda-beda sehingga bahan yang digunakan untuk membuatnya pun berbeda-beda menyesuaikan jenis atau model popor itu sendiri. Pada umumnya popor untuk senapan angin menggunakan dua bahan dasar yaitu (1) sintetis dari bahan plastik ABS (resin) dan (2) bahan kayu. Untuk bahan dari plastik biasa dipasangkan dengan senapan laras yang pendek karena beratnya ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Bahan plastik pada umumnya juga dipakai pada senapan standar karena bisa lebih laku dipasaran.

Sementara itu, popor yang berbahan kayu umumnya dipakai pada senapan dengan laras panjang yang berfungsi sebagai penyeimbang bobot laras. Kayu yang biasa digunakan misalnya kayu mahoni, kayu mangga hutan, kayu waru, dan kayu sonokeling. Seiring perkembangan zaman, popor berbahan kayu ini berkembang menjadi lebih bervarian. Misalnya penggunaan kayu lapis yang setiap lapisan memiliki warna berbeda sehingga memburat gurat atau corak yang menarik dan bervarisi.

Harga Popor Senapan Angin

Harga popor senapan angin kisaran dari Rp400.000; sampai Rp6 juta. Pematokan harga tersebut didasarkan pada jenis bahan dan spe  sifikasi yang dimiliki. Spesifikasi tersebut biasanya meliputi panjang senapan, berat, bahan slombong, bahan popor, maksimal pompa, penggunaan tembak, dan jarak tembak.

Cara Merawat Popor Senapan Angin

Ketika kita memiliki sebuah barang dan barang itu sudah tidak digunakan tentu kita tetap ingin menjaganya agar barang-barang milik kita tersebut tetap awet dan aman. Misalnya saat kita selesai berburu jangan sampai kita melupakan senapan kita karena lebih senang dengan hasil buruan yang berhasil ditangkap.

Senapan kita juga perlu diperhatikan agar ketika kita ingin memakainya pada saat berburu lagi tetap nyaman digunakan tanpa ada gangguan yang berarti. Berikut ini beberapa cara untuk merawat dan menyimpan senapan agar tetap awet dan terjaga fungsinya.

  1. Mengecek kondisi chamber peluru/pellet

Ketika selesai menggunakan senapan, kita perlu mengecek kondisi chamber peluru/pellet untuk memastikannya keberadaan peluru masih ada yang tertinggal di dalam atau benar-benar sudah kosong. Karena hal ini dikhawatirkan apabila senapan digunakan oleh orang lain yang belum mengetahui isi apa masih ada peluru dalam senapan kita sehingga akan bisa saja membahayakan orang lain atau merusak lingkungan. Hal ini dapat diantisipasi dengan kita kongkang senapan untuk beberapa kali ke arah yang aman, bisa kita tembakan ke atas.

  1. Membersihkan senapan

Setelah senapan kita kokang dan sudah tidak ada peluru di dalamnya, langkah kita selanjutnya adalah membersihkan senapan. Senapan dapat dibersihkan menggunakan  kain bersih, halus, dan kering untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada popor maupun laras senapan. Kotoran dan debu apabila tidak dihalangkan bisa menjadikan senapan kita bernoda atau memiliki bercak-bercak dan berkarat. Disarankan jangan membersihkan senapan menggunakan kain atau lap basah karena akan menjadikan senapan lemban sehingga kemungkinan besar akan bisa berjamur dan karatan, apalagi jika rencana akan disimpan dalam waktu lama.

  1. Mengokang senapan satu kali lagi

Kongkang senapan satu kali kemudian langsung kunci picu. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan seal-seal karet dalam tabung senapan agar tidak menyusut apabila senapan akan disimpan dalam waktu lama.

  1. Menyimpan senapan di tempat yang aman

Menyimpan senapan di tempat yang ama, suhu ruangan yang stabil, dan jauhkan dari jangkaun anak-anak atau benda-benda tajam. Pastikan picu sudah terkunci sebelum menggantungkannya. Apabila ingin menyimpannya dalam tas sebaiknya sertakan kabur barus atau silica gel agar bisa terhindar dari jamur.

  1. Merutinkan pengecekan selanjutnya

Lakukan pengecekan secara berkala seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Demikian hal-hal yang berhubungan dengan popor senapan angin yang kami rasa penting untuk diketahui. Di bidang kemiliteran tentu pengetahuan mengenai senjata api, termasuk salah satunya popor senapan angin ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk menunjang keberhasilan dalam dunia tembak-menembak.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *