Mana Lebih Mantap Canon 737 Long Barrel Vs Canon 737 Short Barrel?

Sebagai salah satu produk senapan angin paling diminati ditanah air, canon benar-benar punya kualitas yang baik. Terutama untuk urusan power. Pada generasi pertama saja, canon 727 sudah dibekali dengan power standar hingga 750 fps. Sementara pada dua generasi berikutnya, canon 737 dan canon 747, powernya malah ditambah hingga 1000 fps. Senapan buatan pabrik Jawa Timur, tepatnya Surabaya itu memang sangat terkenal dengan powernya. Beda dengan pesaing utamanya, Senapan Angin Sharp. Umumnya lemah soal power, tetapi kuat di akurasi.

Padahal sebenarnya dua-duanya punya akurasi yang baik. Terutama pada canon 737. Selain power yang besar, Akurasinya juga mantap. Bahkan senapan angin canon 737 merupakan salah satu senapan angin yang paling digemari oleh para pecinta olahraga menembak dan berburu. Produk ini selalu laris manis di pasaran. Mengapa? Sebab selain karena harga yang cukup terjangkau, canon 737 juga punya spesifikasi yang mantap.

Hebatnya Spesifikasi Canon 737

Sama seperti senapan angin pada umumnya, setiap model biasanya terdapat dua jenis model. Untuk senapan angin canon 737 juga demikian. Ada model Long Barel (laras panjang) dan ada model Short Barrel (laras Pendek). Mana yang lebih hebat?

Sudah sejak lama, seluruh produk canon dikenal memiliki kualitas, kehandalan dan akurasi yang luar biasany. Tak terkecuali canon 737, baik short maupun long barrel. Senapan angin canon 737 atau yang memiliki nama lengkapn canon super 737 sebenarnya bukanlah suksesopr dari canon 727. Melainkan suksesor dari canon super deluxe 707 yang sudah tidak diproduksi lagi. Baik canon 737 short maupun long barrel sama-sama menggunakan tabung angin dengan diameter 22mm (OD22).

Dibekali power 1000 fps, canon 737 memiliki power yang tergolong memadai. Ia mampu melumpuhkan hewan kecil maupun sedang. Hewan besarpun bisa, asal ditembak pada bagian yang tepat. Untuk yang laras pendek, cocok bagi yang senang menembak jarak dekat. Sementara yang panjang bagi yang suka berburu jarak jauh.

Canon 737 short memiliki panjang laras 50cm OD9, sementara yang long barrel dibekali dengan panjang laras 60 cm. Keduanya dilindungi dengan serubung (srombong) laras plastik berukuran OD13. Baik short maupun long, larasnya terbuat dari baja. Untuk yang short memiliki 8 alur halus sedang yang long memiliki 12 alur berlawan arah jarum jam (counter clockwise) pada 1¼ putaran. Pada bagian Chamber, keduanya terbuat dari plastik ABS untuk menopang teleskop berukuran kecil atau sedang. Dilihat dari sistem yang dianut, Canon 737 menganut sistem trigger model dumping seperti yang diterapkan pada Sharp Innova. Baik Trigger maupun pelindung trigger sama-sama dari plastik yang dilengkapi engan pengunci picu.

Yang menarik dari produk canon adalah visirnya. Bisa dibilang kesan yang ada pada visir canon lebih menarik jika dibandingkan dengan senapan angin sharp atau benjamin. Seperti ada kesan sederhana tetapi tetap moderen. Apalagi visir canon juga mudah untuk mengatur visir – baik vertikan (elevation) maupun horizontal (windage).

Pada bagian pompaan diterapkan teknologi sekat wool. Dengan adanya teknologi ini, proses pompaan jadi terasa ringan dan halus jika dibanding senapan angin sejenisnya. Bagian popor, untuk canon 737 short terbuat dari kayu mahoni dan ada juga yang terbuat dari plastik ABS berwarna hitam doff. Bobotnya lebih ringan dari yang terbuat dari kayu mahoni. Sehingga secara keseluruhan, baik canon 737 short maupun long barrel memiliki tampilan yang menawan.

Spesifikasi Lengkap Senapan Angin Canon 737 Long Barrel Dan Short Barel

No Spesifikasi Canon 737 Long Barrel Canon 737 Short Barrel
1. Model Pompa tangan (uklik) Pompa tangan (uklik)
2. Buatan Lokal Lokal
3. Laras Baja Baja
4. Panjang Laras 60 Cm 50 Cm
5. Jumlah ulir 12 ulir 8 ulir
6. Diameter tabung 22mm (OD22) 22mm (OD22)
7. Mimis 0.177 (4.5mm) 0.177 (4.5mm)
8. Power 1000 fps 1000 fps
9. Popor ABS Doof ABS Doof dan Kayu

Manakah Yang Lebih Unggul? Canon 737 Long Barrel atau Short Barrel

Berbicara soal akurasi tak bisa lepas dari beberapa hal. Terutama yang telah di bekalkan kepad kedua senapan angin tersebut.

  1. Akurasi: Canon 737 Long Barrel Lebih Mantap

Canon 737 Long Barrel dibekali dengan laras alur 12. Itu artinya, canon 737 long barrel punya kualitas yang mantap soal akurasi dan jarak jangkauan tembak. Laras alur 12 dipercara mampu menghasilkan akurasi dengan jarak tembak lebih jauh dibanding alur 8, 9 atau 10. Sebab senapan dengan alur 12 mampu menghasilkan putaran yang lebih stabil.

  1. Jangkauan Tembak: Canon 737 Long Barrel Lebih Jauh

Antara Canon 737 Long Barrel dan Short Barrel sama-sama dibekali power 1000 fps. Tetapi alur yang dibekalkan kepada keduanya berbeda. Alur 12 dipercaya mampu menghasilkan daya jangkau lebih jauh. Hal ini karena gesekan yang yang dihasilkan senapan dengan alur 12 lebih kecil sehingga angin mampu mendorong peluru dengan optimal.

  1. Daya Rusak: Canon 737 Short Barrel

Kelebihan senapan dengan alur 8 ada pada daya rusak. Dengan alur 8, itu artinya peluru yang mengenai sasaran akan menghasilkan lubang bersegi 8. Sangat mantap jika dibandingkan dengan alur 12 yang menghasilkan lubang bersegi 12. Hanya saja, akurasi alur 8 lebih mantap jika digunakan untuk jarak tembak dekat.

  1. Persamaan Keduanya

Selain perbedaan di atas, antara Canon 737 Long Barrel dengan Canon 737 Short Barrel sebenarnya sama-sama memiliki tingkat akurasi yang baik. Asal digunakan sesuai dengan spesifikasinya. Long barrel untuk jarak jauh, short barrel untuk jarak dekat. Tingkat akurasi keduanya baik, sebab didukung dengan beberapa hal:

  • Triger merupakan bagian senapan yang memiliki fungsi melepaskan angin untuk mendorong peluru keluar. Canon 737 memiliki jenis Triger yang baik sebab triger yang yang disematkan memiliki sifat tak keras saat ditekan. Triger keras akan mengakibatkan senapan bergeser tanpa kita sadari saat ditekan.
  • Recoil merupakan hentakan saat senapan melepaskan tembakan. Recoil akan sangat mempengaruhi tingkat akurasi senapan. Untungnya canon 737 memiliki recoil yang tak terlalu besar. sehingga akurasi senapan akan terjaga saat ditembakkan. Beda jika recoil besar. ia akan mengakibatkan pergeseran pada saat kita tembakkan.
  • Tekanan Angin. Ada dua tekanan angin pada senapan angin canon 737. Tekanan angin di dalam tabung dan tekanan angin pelepasan. Semakin besar tekanan angin, semakin bagus pula tingkat akurasi. Sebab jika tekanan angin rendah, pada jarak tembak maksimal, biasanya peluru telah goyah saat melayang di udara. Untungnya canon 737 dibekali dengan power 1000 fps.
  1. Stabilitas Keluaran Angin: Canon 737 Short dan Long Sama-Sama Bagus

Dengan power 1000 fps dan model keduanya adalah model single shot (sekali tembak), maka berapapun pompaan yang kita gunakan untuk mengisi angin. Hanya bisa digunakan untuk sekali tembak. Senapan angin semacam ini memiliki tekanan angin yang seimbang. Sehingga tingkat akurasinya sangat baik. Beda dengan senapan angin model gejluk. Yang bisa digunakan untuk beberapa kali tembak dalam sekali pengisian angin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *