Berburu Babi Hutan

Share this post

Tips Berburu Celeng Atau Babi Hutan Menggunakan Senapan Angin

Berburu Babi Hutan

Berbicara tentang cara membunuh babi menggunakan senapan angin memang asyik dan cukup seru karena hal tersebut melebihi kemampuan normal senapan angin. Meskipun melebihi batas kemampuan senapan angin, bukan berarti senapan tidak mampu jika digunakan untuk membunuh babi atau celeng. Cara membunuh babi menggunakan senapan angin memang masih memang mn asih menjadi perdebatan yang sengit. Ada yang berpendapat bahwa hal itu bisa dilakukan, namun ada juga yang mengatakan bahwa hal itu sulit untuk dilakukan. Yang dimaksud sulit di situ adalah kemungkinan senapan mampu membunuh babi hutan atau celeng sangatlah kecil. Hal itu dikarenakan daya rusak yang dihasilkan oleh senapan angin juga sangat kecil.

Apabila daya rusak yang dimiliki babi sangat kecil, maka kemungkinan babi tersebut untuk roboh juga sangat kecil atau bisa dibilang berjalan lambat. Hal ini berbeda dengan jenis senjata api yang mempunyai daya rusak cukup kuat dan parah. Semakin besar kerusakan yang dihasilkan, pendarahan yang dimiliki oleh babi juga semakin parah sehingga akan dapat mempercepat kematiannya. Untuk itu, senapan angin juga dituntut untuk mampu memberikan pendarahan  yang hebat agar bisa merobohkan seekor babi.

Babi hutan atau celeng merupakan hewan yang mempunyai ciri-ciri kaki yang pendek dan relative ti[is. Selain itu, memiliki tulang yang pendek dan besar namun badan bagian belakangnya memanjang. Hal ini berbeda dengan jenis babi ternak yang mempunyai badan lebih bulat. Untuk wilayah belakang tulang belikatnya naik ke bagian punuk, lehernya pendek, dan tebal. Babi hutan atau celeng hadir dengan kepala yang besar serta gading di bagian mulutnya. Hal tersebut memudahkan babi hutan dan celeng menggali makanan yang terdapat di dalam tanah. Perlu juga Anda ketahui bahwa celeng merupakan hewan yang memiliki kulit tebal serta memiliki indera penciuman yang tajam, sehingga Anda harus cerdik saat berburu celeng.

Bagi para pecinta kegiatan berburu, terlebih bagi para pemburu babi hutan atau celeng, pasti sudah memiliki banyak pengalaman yang menarik, utamanya dari teknik berburu babi hutan. Namun, bagi para pemburu babi hutan yang masih pemula, memang perlu untuk mendalami teori berburu babi hutan atau celeng.

Berburu merupakan kegemaran sebagian orang. Tidak jarang seseorang menjadikan kegiatan berburu sebagai mata pencaharian. Bagi mereka yang sudah berpengalaman, berburu bukan hal yang sulit. Tetapi mungkin bagi Anda yang baru saja menggunakan senapan angin untuk berburu akan mengalami kebingungan dan sedikit kesulitan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah beberapa tips berburu celeng atau babi hutan menggunakan senapan angin yang bisa Anda jadikan teladan untuk kegiatan berburu Anda:

  • Gunakan umpan

Umpan sangat penting untuk memancing hewan buruan seperti babi, celeng, dan lain sebagainya. Saat berburu, Anda membutuhkan umpan untuk bisa menarik binatang buruan dalam bidikan Anda.

Dengan menggunakan umpan, Anda akan bisa mendapatkan binatang buruan lebih cepat dari pada yang sekedar menunggu di jalur yang sering dilewati oleh hewan. Sebisa mungkin, tepatkanlah umpan pada jalur tembak dan posisikan hal ini dengan baik sesuai dengan bidikan senapan. Saat Anda ingin menarik celeng atau babi hutan, yang paling cepat adalah menggunakan jagung, apel, wortel, dan lain sebagainya.

  • Gunakan parfum berburu

Saat Anda berburu, gunakan parfum. Mengingat babi memiliki indera yang tajam, utamanya pada penciuman dan pendengaran. Penggunaan akan sangat berguna terlebih jika sasaran Anda adalah babi yang besar. Apabila Anda tidak mau menggunakan pengalih aroma, maka Anda bisa menggunakan baking soda.

  • Pancing target buruan Anda

Cara selanjutnya adalah pancing target buruan ke lokasi Anda. Biasanya, para pemburu ulung mempunyai banyak teknik untuk memancing babi supaya mendekat ke area Anda.

  • Saat menarik pelatuk

 

Kunci utama bagi orang yang gemar berburu adalah dengan sabar. Apabila Anda sudah menutupi aroma tubuh, maka pakailah pemanggil babi yang besar dengan jarak yang cukup untuk Anda melesatkan tembakan. Jarak tembak yang efektif dan mematikan adalah 20 hingga 50 meter.

  • Posisi menembak

posisi menembang yang benarSaat Anda mendapatkan kesempatan menembak, berdirilah dan langsung bidik sasaran tepat pada area vital sehingga target Anda tidak akan bisa berlari. Jangan terburu-buru menembak karena tembakan Anda justru akan terpeleset bahkan hanya akan menyerempet badan babi hutan.

  • Senjata berburu

Jika Anda berburu menggunakan senapan, maka pastikan amunisi Anda terisi penuh. Dan selanjutnya, Anda hanya perlu menembak dengan hati-hati agar tidak sampai meleset.

  • Bidiklah area vital

Untuk bisa merobohkan seekor babi menggunakan Senapan Angin, hal itu bukan hal yang tidak mungkin. Hal tersebut tetap bisa dilakukan meski kemungkinannya sangat kecil dan hanya bisa dilakukan dengan trik tertentu. salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar mampu merobohkan babi menggunakan senapan angin adalah dengan mengarahkan bidikan tepat pada area vital. Sebenarnya, babi memiliki dua area vital yang dapat dijadikan sasaran untuk tembak.

Area pertama yang ampuh melumpuhkan babi menggunakan senapan adalah bagian belakang telinga. Dengan membidik bagian telinga, diharapkan nantinya akan dapat menembus ke otak. Pada area ini, bagian otak babi tidak dilindungi oleh tempurung otak sehingga peluru Anda sangat mungkin mampu menembus otak.

Sedang area kedua adalah bagian antara dada dan ketiak. Pada bagian ini, ada jantung dan paru-paru tetapi kesulitannya adalah terdapat pada tulang rongga dada yang memungkinkan peluru tidak dapat menembus hingga jantung dan paru-paru. Sementara kelebihannya adalah area sasaran yang lebih besar dibanding bagian belakang telinga.

Untuk melumpuhkan target buruan, arahkan senjata Anda kemudian bidik pada bagian bahu atas, bagian leher, ataupun kepalanya. Hal tersebut akan membuat bagi atau celeng tersebut lebih cepat mati dari pada dibidik pada bagian yang lain.

Itulah tips berburu celeng atau babi hutan menggunakan senapan yang bisa Anda jadikan bahan pembelajaran. Sebenarnya, berburu babi hutan atau celeng tidak melulu harus menggunakan senapan, Anda juga bisa menggunakan alat lainnya yang memungkinkan untuk bisa menangkap buruan tersebut dengan mudah. Dari beberapa tips di atas, yang harus selalu Anda ingat adalah tentang keselamatan Anda. usahakan untuk senantiasa menjaga keamanan diri saat proses berburu berlangsung karena tidak menutup kemungkinan Anda terancam saat berada di hutan. Siapkan pula berbagai perlengkapan yang bisa melindungi Anda di hutan, semisal obat-obatan tertentu sebagai bentuk antisipasi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk melakukan kegiatan berburu dengan membawa teman untuk berjaga-jaga saat mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa pula untuk membawa hal-hal atau perangkat yang dibutuhkan senapan seperti teleskop dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat menjadi pemburu handal dan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *